Hallo Sobat Nurse, tau gak sih kenapa perawat harus punya manajemen waktu yang baik?
Waktu sangat menentukan apa saja yang akan kita lakukan. Didalam dunia kerja, waktu sangatlah diperhitungkan. Keberhasilan suatu kegiatan membutuhkan pengelolaan waktu yang tepat. Begitupun dengan profesi keperawatan.
Salahsatu faktor penentu keberhasilan seseorang dapat dilihat dari penggunaan waktu secara efektif atau efektivitas waktu. Efektivitas merupakan konsep yang sangat penting dalam melakukan suatu pekerjaan, karena mampu memberikan gambaran mengenai keberhasilan pekerjaan dalam mencapai suatu tujuan yang menyangkut jawaban atas pertanyaan "Sejauh mana sesuatu yang telah direncanakan dapat direalisasikan dengan terwujudnya suatu tujuan".
Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan oleh perawat, menuntut perawat harus dapat mengelola waktunya dengan optimal agar dapat memberikan pelayanan dengan cepat, tepat, dan terstruktur pada setiap pasien yang menjadi tanggungjawabnya. Perawat merupakan salahsatu sumber daya manusia yang keberadannya sangat dibutuhkan di Rumah Sakit karena selain jumlahnya yang dominan (55-60%) juga merupakan profesi yang secara konstan memberikan pelayanan pada pasien selama 24 jam.
Dalam dunia kerja perawat, sering kali diterapkannya sistem sift dengan semua anggota team harus saling memberikan pengertian dalam memanajemen waktu. Jangan sampai teman dalam satu team harus merelakan jam kerja yang berlebih untuk menunggu pergantian sift kerja dengan waktu yang lama, karena itu dapat mempengaruhi beban kerja, konsentrasi dan performa perawat lain.
Tidak hanya saat pergantian sift, dalam melakukan intervensi keperawatan juga dibutuhkannya manajemen waktu yang baik. Karena profesi keperawatan tidak hanya berhubungan dengan orang yang sehat namun juga berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang yang berorientasi pada keberlangsungan nyawa. Profesi keperawatan juga merupakan profesi kolaborasi, dimana dalam melakukan tindakannya perawat bekerja sama dengan profesi lain seperti dokter, apoteker, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, setiap tindakan harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Maka pelayanan keperawatan perlu ditingkatkan kualitasnya secara terus-menerus.
Selain itu, kedisiplinan perawatan dalam menggunakan waktu juga akan berdampak pada kondisi pasien baik secara fisik maupun psikologis. Karena pasien akan merasa senang bila perawat dapat memberikan asuhan keperawatan dengan memberikan rasa kenyamanan dan keamanan. Maka dari itu proses ini akan sangat membantu dalam proses penyembuhan sakit yang diderita oleh pasien dan perasaan ini timbul karena perawat kehadiran perawat yang selalu ada untuk pasien.
Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan perawat dalam merencanakan aktivitas kerja untuk memaksimal waktu yang ada (Marquis & Houston, 2000) diantaranya :
1. Mempersiapkan semua perlengkapan dan peralatan yang akan dibutuhkan sebelum memulai suatu kegiatan
2. Mengelompokkan kegiatan yang berada di lokasi yang sama dengan tujuan menghemat waktu
3. Menggunakan perkiraan waktu
4. Melakukan pendokumentasian sesegera mungkin setelah kegiatan selesai dlakukan
5. Selalu berusaha untuk mengakhiri pekerjaan tepat waktu
*8 TIPS CARA SUKSES MEMANAJEMEN WAKTU*
Writer : Putri Karisa
Editor : Putri Karisa
0 komentar:
Posting Komentar